MqpcNGR9MWp5NGp9NaF9NWR4N7csynIkynwdxn1c
Mendapatkan 11 Sumber Ide Menulis

Mendapatkan 11 Sumber Ide Menulis

AGUSRIDWANSOPARI.COM ~ 11 cara dapat ide untuk memulai menulis, baik itu cerpen, artikel bahkan untuk menerbitkan sebuah buku, agar banyak pemula tidak bingung.

Ide menulis untuk makalah kuliah, artikel Koran, posting blog bisa merupakan hal yang sulit. Maaf, maksud saya, menulis merupakan bentuk lain dari mengekspresikan diri dan menyampaikan pendapat pribadi, seperti halnya cara yang dituangkan dalam bentuk karya seni grafis, lukis, tari, pidato dan lainnya.

Sebenarnya teknologi sekarang sudah memungkinkan semua untuk mengungkapkan isi hati dan isi pikiran, mulai dari kalimat sederhana dengan mengetik status di Facebook misalnya atau menulis di Blog tentu itu adalah nilai positif teknologi, sebagai latihan menulis (baca: menyebarkan gagasan dan pengalaman). Tetapi ingat, pepatah Basa Sunda: “Hade Goreng Ku Basa” yang artinya baik jeleknya yang terjadi karena ucapan dan bahasa.

Semua kemenangan berasal dari keberanian memulai. Semua keberanian berasal dari keyakinan memulai. Jadi mulailah meski hanya berawal dengan satu kalimat saja. Untuk memulai menulis, baik itu cerpen, artikel bahkan untuk menerbitkan sebuah buku, banyak pemula dibingungkan oleh pikirannya sendiri. Memang ini perlu latihan. 11 Sumber ide menulis didapatkan dari :

1. Pengalaman pribadi

Tentu saja apa yang kita alami, yang indah dan yang terlarang sekalipun bisa kita tulis. Bagi yang terbiasa menulis pada buku diary akan semakin mudah mengeksplorasi kejadian-kejadian penting yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang lain.

2. Hobby atau keterampilan

Aktivitas yang kita senangi dan dikuasai akan mudah diceritakan kepada orang lain. Tidak luput dipaparkan sedikitpun proses dan prosedur merawat burung kasuari, misalnya. Cobalah gali lebih dalam apa minat dan bakat Anda masing-masing, di situ akan banyak hal yang bisa ditemukan.

3. Pengalaman profesi

Pengalaman profesi apa pun itu, menjadikan sumber ide yang penting jika Anda akan menulis sebuah karya tulis. Justru dengan pengalaman profesilah nilai tulisan Anda akan lebih berbobot dan kredibel. http://agusridwansopari.com

4. Pelajaran akademik

Menuliskan sebuah buku pelajaran akademik di sekolah dengan gaya bahasa sendiri jauh lebih mengena bagi pemahaman terhadap pelajaran itu. Bagaimana tidak, Anda akan terus membolak-balikkan halaman, mencari kata kunci, mendapatkan keterkaitan konsep pokok dalam suatu  topik pelajaran akademik di sekolah.

5. Pendapat pribadi

Sumber ide dari pendapat pribadi ini yang paling fleksibel, bisa didapatkan kapan saja di mana saja. Pastinya anda selalu berkomentar, berceloteh, beropini, berpersepsi tentang suatu kejadian yang Anda rasakan, yang Anda dengar, yang Anda lihat dan yang mengherankan Anda. Ikatlah lintasan pikiran itu dengan menuliskannya.
Orang memang ada keterbatasan dalam hidupnya, tapi jangan sampai membatasi diri dalam kehidupan #idearidh

— Agus Ridwan Sopari (@KangAridh) September 6, 2011

6. Peristiwa aktual

Banyak hal yang kita bisa tulis dari peristiwa aktual baik local, regional, atau internasional. Anda dapat saja mengambil ilham dari situs berita di internet, mendengarkan radio atau menyaksikan program berita di televisi.

7. Masalah abadi

Sumber ide masalah abadi seperti contohnya topik tentang agama, karena pasti selama manusia ada hal tersebut menjadi masalah abadi yang selalu diperbincangkan. Contoh lain yakni tentang hakikat penciptaan manusia dan alam semesta.

8.  Soal kemasyarakatan yang belum selesai

Nah, sangat menghebohkan dan selalu jadi panas jika menuliskan apa yang menjadi soal kemasyarakatan yang belum selesai. Misalnya kasus korupsi, makelar kasus, terorisme, keadilan, dsb. 

9. Kilasan biografi orang-orang terkenal

Kita dapat mengambil pelajaran dari orang-orang terkenal dalam berbagai aspeknya. Tentunya termasuk biografi orang-orang yang berprestasi. Karena sumber biografi inilah yang menjadi model inspirasi seorang penulis untuk menyebarkan pemikirannya.

10.   Kejadian khusus

Sumber ide lain adalah menulis tentang kejadian khusus yang tidak pernah terjadi, atau hadir dalam periode tertentu. Mulai dari shalat gerhana, perayaan idul fitri, binatang aneh dan ah, unpredictable saja datangnya. http://agusridwansopari.com

11.   Minat khalayak

Terakhir (mungkin masih belum akhir), sumber ide menulis itu bisa dari minat khalayak. Menceritakan tentang boomingnya internet marketing sehingga orang berbondong-bondong berminat memiliki blog yang menghasilkan uang.

Artikel Anda adalah produk karya intelektual, baik atau jelek artikel Anda, tergantung penerimaan pembaca, apakah mereka mengerti atau semakin pusing terhadap tema tulisan Anda, bukan karena dari gaya bahasa Anda.

Saran saya jika ide menulis itu muncul, segera tuliskan biarkan ia mengalir seperti air sebelum aliran itu mampet dengan kesibukan otak Anda. Jika sibuk, tuliskan saja dulu kerangka pikiran Anda.

Bagi saya, tulisan kita yang baca orang lain akan mempermudah mereka untuk mengenali kepribadian, pengetahuan, obsesi dan kecenderungan kita. Btw, jika ada manfaat tolong share... Oke, Selamat menulis!

1 komentar

  1. Seputar Penulisan Artikel - Kang Aridh, Ideapreneur Indonesia
    Seputar Penulisan Artikel - Kang Aridh, Ideapreneur Indonesia 27 Maret 2015 pukul 04.13

    [...] Baca juga artikel saya tentang 11 sumber ide menulis di link berikut http://agusridwansopari.com/?p=503 [...]

Kontak via WhatsApp